Pengalaman Penuh Kesan

Pada tugas media online kali ini kami mahasiswa jurnalistik 2008 ditugaskan untuk membuat media blog perkelompok yang minimal beranggotakan lima orang. Pada kelompok saya terdiri dari saya Rifqiyana Safrida Al-Jami’, Dara Ramadiarni, Indrawati Darmala, Fika Dwirahma, Milla Irena. Dikelompok ini saya pernah berkesempatan menjadi pemred (pemimpin redaksi) yang selanjutnya di gantikan oleh saudari Dara Ramadiarni. Awalnya kami kebingungan dengan tugas ini, dan bingung akan menamakam apa blog kelompok kami, akhirnya dengan pemikiran yang panjang kami memutuskan menamakan nama blog kelompok kami yaitu abetternews.wordpress.com

Pada kerjasama ini kami berkomitmen untuk saling membantu satu dengan lainnya dan sadar diri akan tugas ini sehingga tidak akan membebankan siapa pun. Oleh karena itu kami selalu berusaha membangun komunikasi yang baik. Sepakat menjadikan kontrakan saya sebagai basecamp untuk kami mengerjakan tugas atau hanya untuk sekedar merebahkan diri sejenak. Saya pribadi senang berada di kelompok ini karena orang-orangnya yang memang asik untuk diajak kerjasama meskipun perbedaan pendapat terkadang mengganggu.

Kalau Kata kelompok lain sih kelompok kami paling kaya karena mereka berpikir kalau kelompok kami setiap mengadakan rapat atau mengerjakan tugas selalu di Mcd, padahal kalo mereka tau yang sebenarnya kami di Mcd cuma membeli segelas minuman aja itu pun untuk beberapa jam numpang karena adanya pelayanan wifi yang kita manfaatkan. Harga minuman yang kita beli juga yang paling murah, tapi mereka mengira kami kaya padahal yoo sami  mawon duite ente’ . Hhehehe

Dalam awal pemasaran blog kami, saya merasakan kesulitan, berbagai pendapat muncul setelah membuka blog kami, ada yang berpendapat bagus, ada pula yang mengkritik katanya beritanya kurang oke. Kami sadar gak bakal luput dari kekurangan, semua pasti ada plus minusnya. Kami memulai pemasaran ke pacar kami masing-masing, saya sendiri yang kebetulan mempunyai pacar satu kampus beda fakultas merasakan sedikit lebih mudah, karena satu kampus. Pacar saya yang anak kedokteran saya suruh ikut memasarkan ke anak-anak fakultasnya. Selain itu saya juga memasarkan ke fans club afgan yaitu afganisme. Bukan hanya afganisme saja melainkan saya langsung memasarkan ke afgan, dengan antusias afgan memberikan support yang baik kepada saya dan bersedia mengiklankan kepada teman-temannya serta menyuarakan dalam video message “jangan lupa buka abetternews.wordpress.com we serve you news in a good ways” ucapnya dalam video berdurasi 3 menit.

Pada awal liputan, kelompok saya memulai liputan ke taman menteng tepatnya pada tanggal minggu 17 april 2011 namun tidak jadi. Sore harinya berniat ke Manggarai pintu air namun dibatalkan karena hujan dan waktu yang sudah terlalu sore. Setelah dibatalkan kami mampir sebentar ke pinggir jalan untuk mencicipi bakso, setelah itu kami melanjutkan ke tempat arena futsal daerah Kelapa Dua Depok bersama dara, mala, fika, fajrin, qibo, kami melakukan liputan hingga pukul 21.00 WIB .

Besoknya kami melanjutkan liputan ke sekolah Annizomiyah Cilodong jam 8 pagi bersama mala dan dara, hanya bertiga saja. Sepulangnya kami langsung menuju Bantar Gebang, Bekasi untuk melakukan peliputan, yang ikut pada saat itu hanya berlima yaitu saya, mala, dara, reza, qibo. Pada saat ke Bekasi kami menggunakan mobil milik saya, yang mengendarai reza dan qibo. Di Bekasi bau sampah menyengat sekali sampe kami tidak berani untuk membuka kaca mobil. Sesampainya di Bantar Gebang kami langsung meminta ijin untuk melakukan pengambilan gambar serta melakukan wawancara, namun ternyata kami tidak diijinkan karena tidak memiliki surat ijin resmi dari kampus, oleh karenanya kami membatalkan peliputan kali ini dan berniat untuk kembali minggu depannya dengan membawa surat ijin resmi dari kampus. Selama diperjalanan banyak hal yang membuat saya terkenang seperti nyasar alias gak tau jalan sekitar Bekasi, mala yang mabok sampai lima kali, makan bareng di pom bensin dengan membawa bekal sendiri. Setelah itu malam harinya kami melanjutkan ke museum Fatahila Kota Tua, sampai disana kami disambut hujan deras sehingga kami kesulitan mengambil gambar suasana Kota Tua dimalam hari, alhasil kami menggunakan payung yang ada dimobil untuk mengambil gambarnya, liputan kami berakhir jam 10 malam dan sampai rumah sekitar pukul 00.00 WIB.

Kamis 21 April 2011 kami ( saya, dara, fika, mala) ke sekolah SMAN 1 Depok, tepatnya ketika para siswa mengakhiri UAS dan mengakhiri liputan pada jam 12 siang, pulangnya kami mampir ke warung pancong deket SMAN 1 untuk sedikit mengisi perut kami yang mulai keroncongan. Setelah itu kami semua ke rumah dara dan sore harinya kami kuliah karena pada hari itu kami ada jadwal kuliah MPK ( metode penelitian komunikasi ). Minggu depannya tanggal rabu 4 mei 2011 tepatnya sehabis pulang kuliah magrib mampir ke kontrakan saya yang tidak berjauhan dari kampus yaitu di daerah Cilobak untuk membicarakan mengenai tugas media online serta mengirim berita ke pak Hagi namun terhambat karena jaringan dikontrakan saya yang buruk, kami akhirnya pindah ke taman jajan dengan harapan ada wifi dengan koneksi yang cepat, sampai di taman jajan samping kampus ternyata jaringan disana tidak terlalu berbeda jauh, untuk itu kami memutuskan untuk pindah ke warnet karena batasan waktu mengirim email yang semakin berjalan, diwarnet kami berhasil mengirim serta mengupload berita, namun karena mahal jadi kami pindah ke Mcd Cinere dari pukul 21.00 sampai jam 01.00 dini hari. Yang hadir di Mcd saat itu ada saya, Reza ( pacar saya ), Dara, Amay ( pacarnya dara ), Mala, Qisty ( anak PR), Fika, Fajrin ( pacarnya Fika).

Pada hari jumat pagi hari jam 09.00 pagi kami ( saya, mala, fika, dara, milla ) menuju ke kampung 99 di daerah Meruyung Depok.  Di kampung 99 saya mencicipi makanan special ditempat wisata itu yaitu bakso rusa dan minuman segar bearoma stawberry yogurt. Sore harinya kami melanjutkan kulliah media online. Minggu harinya kami ( saya, Reza, Dara, Amay, Mala, Milla ) dengan menggunakan motor pergi ke Bekasi Bantar Gebang untuk melanjutkan liputan kami yang sempat batal minggu kemarin. Namun lagi-lagi saat itu gagal karena bertepatan pada hari libur minggu jadi di kantor yang mengurus perijinan ini tidak hadir dan dengan kecewa kami akhirnya pulang, ditengah perjalanan kami mampir ke Mcd Cibubur untuk makan sore dan pulang pada jam 6 sore.

Tanggal 31 Mei hanya Mala dan Dara yang berangkat pergi ke Bantar Gebang Bekasi.  untuk yang ketiga kalinya kelompok kami berusaha untuk bisa melakukan liputan disana. mereka berangkat jam 10 pagi dan janjian dirumah dara, hari itu mereka berhasil liputan disana dan pulang sampe rumah sekitar jam 3 sore.

Terakhir kami melakukan tugas Viral Marketing yang ditugaskan untuk melengkapi pemasaran blog yang kami buat. Bersama saya, Dara Mala, Fika, Qbo, dan 2 talent kami yaitu Nita dan Deni, serta orang tua saya yang ikut hadir menemani proses pembuatan viral marketing ini. Proses pembuatan ini berlangsung hingga jam 2 dini hari. Untuk tugas viral marketing ini sendiri saya mengusahakan membeli ipad karena tidak mendapatkan pinjeman dari mana pun, disamping untuk tugas saya juga menginginkan ipad, jadi ada hikmah dibalik tugas.hhe

Setelah menyelesaikan tugas Viral Marketing kami mendapatkan tugas wajib yaitu meliput mengenai parade kebudayaan Jakarta pada hari minggu tanggal 26 Juni 2011 di Balai Kota Jakarta. Kebetulan Saya pkl didekat sana, sewaktu melaksanakan pkl saya juga ditugasi oleh kantor untuk meliput tentang parade kebudayaan tersebut , alhasil saya meliput dua kali, kelar pkl saya lari dari kantor ( MNC TV ) yang memang kantor saya berdekatan dengan kegiatan parade tersebut, saya berlari untuk menemui kelompok saya dan melakukan liputan bersama. Sekitar jam 6 sore acara berakhir dan teman kelompok saya ( mala, dara, fika, milla )  pulang, saya sendiri tidak langsung pulang dan langsung meluncur ke PRJ karena sudah ada janji bersama Afgan terkait  kerjasama yang ingin kami bangun. Dari PRJ sekitar jam 9 malam dan saya sampai rumah sekitar jam 11 malam. Hari itu terrasa sangat melelahkan, dari pagi saya pkl lalu berlari sampai ke Balai Kota lalu meluncur ke PRJ.

Satu lagi tugas yang di berikan yaitu membuat  wordpress pribadi dengan tujuan untuk meluaskan jaringan pemasaran blog setiap kelompok. Disini saya membuat wordpress ( rifqiyana.wordpress.com).

Leave a comment